23 Agustus 2018

KPU Kota Tangerang Tetapkan 1.061.880 Pemilih Tetap Pemilu 2019

TANGERANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menetapkan sebanyak 1.061.880 pemilih tetap dalam penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 di Kota Tangerang. Demikian angka Daftar Pemilih Tetap (DPT) tersebut ditetapkan dalam Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPSHP Akhir Menjadi DPT, Senin (21/8/2018).

Hadir dalam rapat pleno tersebut seluruh perwakilan partai politik peserta Pemilu 2019, Bawaslu Kota Tangerang, Ketua KPU Banten, unsur Forum Komunikasi Daerah (Forkompinda), perwakilan Disdukcapil Kota Tangerang, sertanPPK dan Panwaslu Kecamatan se Kota Tangerang.

“Dengan telah ditetapkannya DPT ini, dipastikan tidak akan ada lagi penambahan pemilih tetap di Kota Tangerang. Meski demikian pergerakan data pemilih tambahan (DPTb) masih berpeluang muncul manakala ada pemilih pindahan yang menggunakan hak pilihnya di Kota Tangerang,” kata Ahmad Syailendra, Kepala Divisi Perencanaan dan Data KPU Kota Tangerang.

Disampaikan Syailendra, pemilih tambahan/pindahan ini, masih diberikan kesempatan sampai H-30 sebelum hari pencoblosan yang dilaksanakan pada 17 April 2019, untuk pindah pilih dengan menggunakan Folmulir A.5 dan kemudian disampaikan datanya kepada KPU Kota Tangerang.

“Artinya, masih ada pergerakan data lagi sampai tanggal 18 Maret 2019 bagi pemilih pindahan yang mengajukan pindah pilih ke Kota Tangerang. Tapi, jika pengajuan pindah pilih lewat dari batas yang sudah ditetapkan, KPU Kota Tangerang tidak bisa mengakomodir,” tegas pemuda yang akrab disapa Indra ini.

Ditambahkan Indra, Formulir A.5 KPU dapat disampaikan kepada PPS tujuan. “PPS juga bisa mengeluarkan Form tsb jika ada permintaan dari pemilih yang dalam keadaan tertentu tidak bisa menggunakan hak pilih di TPS asal. Adapun KPU Kab/Kota tujuan pindah pilih bisa mengeluarkan A.5. KPU jika pemilih tsb kesulitan mengurus di tempat asalnya,” ucapnya.

Hapus 11 TPS di Lapas

Dalam rapat pleno terbuka tersebut, KPU Kota Tangerang juga melakukan pencoretan sebanyak 11 TPS yang berada di dalam Lapas. Hal itu dilakukan menyusul adanya Edaran KPU RI Nomor 887/PL.02.1-SD/01/KPU/VIII/2019, dimana semua pemilih dikembalikan ke wilayah pemilihannya masing-masing.

“Pasca edaran KPU soal Lapas keluar, KPU Kota Tangerang menghapus 11 TPS yang semula sudah diplot di 5 Lapas. Penghapusan ini kami lakukan juga berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak Lapas dan Bawaslu Kota Tangerang. Sehingga, dari semula ada 5.074 TPS, saat ini kami tetapkan sebanyak 5.063 TPS untuk Pemilu 2019,” jelas Syailendra.

Lebih lanjut Syailendra menyampaikan, dengan telah ditetapkannya data DPT, maka didapatkan rincian data sebagai berikut di Kota Tangerang. Jumlah Kecamatan 13, Jumlah Kekurahan 104, Jumlah TPS 5.063, Jumlah Pemilih Laki-laki 531.398 Pemilih, Jumlah Pemilih Perempuan 530.482 Pemilih, dan total DPT sebanyak 1.061.880 Pemilih. (Humas KPU Kota Tangerang)

Berita Terkini, DPT, Gerakan Mencoklit, Pemilu 2019, Pemilu Legislatif, Pemilu Presiden dan Wakil Presiden

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Next
Close
Test Caption
Test Description goes like this