15 Juli 2018

Responden Angket KPU Mengaku Puas Pilkada Kota Tangerang 2018

TANGERANG – Reponden angket pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Tahun 2018 mengaku puas. Demikian hasil data yang diolah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang dari 431 jawaban atas survey yang dilayangkan KPU Kota Tangerang kurun waktu 7-14 Juli 2018 lalu.

Diketahui, KPU Kota Tangerang menyebarkan angket secara online kepada masyarakat untuk merespon tingkat kepuasan pelayanan KPU Kota Tangerang atas penyelenggaraan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Tahun 2018.

Dari angket tersebut, sebanyak 431 warga Kota Tangerang ikut berpartisipasi mengisi dan menjawab pertanyaan dan juga memberikan masukan atau kritik atas pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Tahun 2018.

Dimana, dari data responden diperoleh angka 97 persen dari responden mengaku masih merasa sangat penting Pilkada digelar langsung oleh KPU, 2 persen penting, dan 1 persen lainnya mengaku biasa saja. Hal ini searah dengan tingkat tanggap baik atau tidaknya proses pilkada dengan angka, 18 persen sangat puas, 70 persen puas, 6 persen biasa saja, dan sisanya 6 persen tidak puas.

Soal kegiatan sosialisasi Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Tahun 2018 yang dirancang KPU Kota Tangerang, sebanyak 89 persen responden mengaku sudah sangat baik, 6 persen baik, sisanya mengaku butuh inovasi lagi dan mengaku cukup terbantu untuk mengetahui informasi pemilihan dengan sosialisasi tersebut.

Ditanya apakah masyarakat mengetahui soal memilih antara pasangan calon atau kolom kosong merupakan pilihan yang sah dan bias dipilih oleh masyarakat dalam konteks pemilihan dengan satu pasangan calon, hanya 0,45 persen yang mengakui belum memahami. Sedangkan 99,55 peesen mengaku memahami pilihan yang sah dan tidak atas pilihan calon atau kolom kosong.

Sedangkan soal proses pendataan pemilih dan hasil olahan data pemilih, 9 persen responden mengaku data pemilih yang disajikan KPU tidak baik. 78 responden mengaku puas atas data pemilih dan menilai baik, 2 persen mengaku sangat baik, dan sisanya menganggap cukup dengan sajian data pemilih tersebut. Khusus untuk data pemilih, kebanyakan responden menyarankan agar ditingkatkan sistem pengaduan online dan pendataan online yang lebih akurat.

Masih berdasarkan data angket itu, 99,55 persen menyatakan hadir ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat pemilihan yang digelar pada 27 Juni 2018 lalu dan memberikan pilihannya. Sedangkan dari 431 responden yang terlibat dalam pengisian angket hanya 1 orang yang menjawab tidak datang ke TPS dengan alasan sudah terdata sebagai pemilih namun tidak diizinkan libur di hari pencoblosan.

“Kami sangat mengapresiasi tingkat responsif warga yang berkenan untuk mengisi angket ini. Data pengisi angket tersebar di 13 kecamatan dan 104 kelurahan. Penyerbaran angket ini kami lakukan melalui jejaring grup WhatsApp (WA) penyelenggara di PPS, melalui medsos, dan juga saluran online lainnya. Ada 431 orang yang mengisi angket,” kata Sanusi, Ketua KPU Kota Tangerang.

Dikatakan Sanusi, dari masukan masyarakat atas penyelenggaran Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Tahun 2018 ini, KPU Kota Tangerang berupaya untuk meningkatkan lagi pelayanan kepada pemilik hak pilih, khususnya soal data pemilih, sosialisasi, layanan aduan, dan juga kepastian profesionalitas penyelenggara.

“Masukan-masukan apapun yang disampaikan masyarakat kepada KPU akan kami respond an kami upayakan untuk kami realisasikan. Khusus kepada penyelenggara, masih dituntut lagi sikap profesionalnya, karena masih ada 7 persen responden yang mengaku tidak puas dengan pelayanannya,” pungkasnya. (Humas KPU Kota Tangerang)

 

Hasil Responden Atas Angket Online
Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Tahun 2018

Waktu Pengisian Angket : 7-14 Juli 2018
Cakupan Responden : 104 Kelurahan se Kota Tangerang
Jumlah Responden : 431 Orang
Metode Pengisian Angket : Private Online/Google Form
Metode Penyebaran Angket : Jejaring Grup WA, Facebook, dan Instagram

Hasil Responden
A. Pentingnya Pilkada Diselenggarakan KPU Kota Tangerang
– Sangat Penting: 97%
– Penting: 2%
– Biasa Saja: 1%
– Tidak Penting: 0%
B. Penyelenggaraan Pilkada Kota Tangerang 2018
– Sangat Puas: 18%
– Puas: 70%
– Biasa Saja: 6%
– Tidak Puas: 6%
C. Pelaksanaan Sosialisasi Pilkada Kota Tangerang 2018
– Sangat Baik: 89%
– Baik: 6%
– Biasa Saja: 3%
– Tidak Baik: 2%
D. Memahami Mencoblos Calon atau Kolom Kosong Pilihan Yang Sah
– Memahami: 99,55%
– Tidak memahami 0,45%
E. Pelaksanaan Pendataan Pemilih
– Sangat Baik: 2%
– Baik: 78%
– Biasa Saja: 11%
– Tidak Baik: 9%
F. Kehadiran ke TPS Saat Pencoblosan
– Hadir: 99,55%
– Tidak Hadir: 0,455
G. Sikap Profesional dan Independensi Pengelenggara Pilkada 2018
– Sangat Puas: 17%
– Puas: 73%
– Biasa Saja: 3%
– Tidak Puas: 7%

Sumber: Angket KPU Kota Tangerang

2018, Berita Terkini, Bersama Sukseskan, Data Pemilih, Lembaga Survei, Pemantau, Pilkada 2018, Sosialisasi

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Next
Close
Test Caption
Test Description goes like this